Entri yang Diunggulkan

Tips memasak dengan Santan - Makanan Indonesia terutama di daerah Sumatera banyak menggunakan bahan santan kelapa sebagai penyedap ras...

Kamis, 16 April 2020

ACAKADUT: Pepper Rice Murah & Enak ala Indonesia

Acakadut - Setelah masa Karantina COVID-19 ini pengen langsung balas dendam kulineran? Nah, informasi ini tepat buat Kamu yang suka kulineran. Pernah makan Pepper Lunch? Kalau sudah pernah, Alhamdulillah yah. Kalau belum pernah, jangan sedih guys. Karena penulis mau rekomendasiin Pepper Lunch Murah dan Enak ala Indonesia. Apalagi menunya sudah termasuk nasi. Makin Indonesia banget kan. Karena motto orang Indonesia, belum makan kalau belum makan nasi. Wkwk.. Penasaran cerita lengkapnya? Baca terus kebawah ya.


Pepper Lunch & Asal ACAKADUT

Restoran yang terkenal sebagai pelopor sajian hotplate dan pepper rice in. Pepper Rice adalah nasi yang ditaburi lada hitam. Kini sudah banyak outlet beberapa mall di Indonesia. Nah karena segmentasi untuk kalangan menengah keatas dari harga, hadirlah ACAKADUT ini. ACAKADUT ini hadir di Indonesia sejak Oktober 2016. Konsep restoran dan makanannya sama dengan Pepper Lunch, namun yang jadi pembeda itu dari cita rasa. ACAKADUT menyajikan sajian dengan bumbu Indonesia, seperti rendang, gulai, geprek, dan balado.

Nama ACAKADUT berasal dari bahasa sunda dari kata acakadut yang artinya berantakan atau acak-acakan. Dan bener rasanya lebih enak kalau sajiannya semua diaduk. Untuk tim rapi kali ini harus ikut tim aduk ya. Jangan takut berantakan atau "geuleuh (jijik)" ya. Kalau mau difoto atau instastory, bisa diawal ya. Hihi..


Lokasi & Jam Buka

Tahun 2020 ini, ACAKADUT baru ada 2 lokasi, yaitu di Tebet Timur, Jakarta Selatan dan di Sunter, Jakarta Utara 

1. ACAKADUT Tebet Timur: Jalan Tebet Timur Dalam Raya No. 57, RT 01/RW 08, Tebet Timur, Kecamatan Tebet, Kota Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12820

Waktu buka: pukul 11.00 - 22.00 WIB. Lokasi dekat Stasiun Tebet, jarak sekitar 1-2 km.

2. ACAKADUT Sunter: Jalan Danau Sunter Utara, Blok F20 No. 15, Sunter Agung, Tanjung Priok, RT 011/RW 012, Sunter Agung, Tanjung Priok, Kota Jakarta Utara, DKI Jakarta 14350


Waktu buka: pukul 11.00-22.00 WIB.




Sumber https://www.instagram.com/acakadut.co/

Harga & Menu


Untuk menu di ACAKADUT Tebet Timur ini ada macam-macam mulai dari pepper rice, steak, snack, menu hemat, extra topping, other, sampai minuman ada disini. Jadi tiap menu hotplate Pepper Rice per satu rasa itu bisa wagyu, ayam, daging sapi dan salmon untuk dagingnya.

Pepper Rice, ada beberapa varian rasa yaitu: (include nasi) Start from Rp 35.000- Rp 48.000
Original
Rendang
Gulai
Balado
Geprek

Menu Hemat.
(Start from Rp 15.000- Rp 21.000)
Narsis
Nasternet
Nakorsis
Nasisrela

Sumber https://www.instagram.com/acakadut.co/

Steak. (Start from Rp 54.000 - Rp 99.000)
Salmon
Chicken
Sirloin
Tenderloin
Rib eye

Snack (Start from Rp 16.000- Rp 23.000)
Kentang
Jamur
Kulit Ayam
Jamur
Cireng
Otak-otak

Other (Start from Rp 12.000- Rp 19.000)
Bihun
Indomie

Drinks (Start from Rp 6.000- Rp 18.000)
Aneka Teh
Milo
Air Mineral

Untuk lengkapnya, nanti dikasih gambar menu lengkapnya ya.

Sumber: https://www.instagram.com/acakadut.co/


Fasilitas


ACAKADUT Tebet Timur ini tidak tersedia toilet ya, sepengalaman penulis untuk saat itu. Jadi ruang makannya terbagi menjadi 2, yaitu bagian luar mungkin untuk smooking area dan bagian dalam ber AC. Tiap meja tersedia colokan. Tempat duduknya juga berbeda, ada yang bangku ada yang kursi semi sofa. Disini juga ada musik. Jadi gak sepi-sepi amat pas Kamu makan gitu.

Bagian Luar


Bagian dalam ber-AC

Review

Kali ini cobain menu Pepper Rice Rasa Original Daging Wagyu dan minuman Iced Tea.
Jadi sistemnya bayar dulu baru makan. Pas datang ke Outlet ACAKADUT Tebet Timur sekitar bulan April 2019, langsung ke kasir untuk pesan makanan. Untuk pembayaran ada promo dari Gopay & Ovo. Lupa diskon berapa persennya, biasanya diskon 10%. Setelah bayar, nanti dikasih no antrian. Kira-kira tunggu 5-10 menit, makanan udah dateng kok.

Untuk rasa Pepper Rice Rasa Original Daging Wagyu ini, enak banget. Daging wagyu nya lembut banget, empuk. Karena ini rasa original black pepper, yaa rasanya memang lada hitam biasa. Ada pembedanya yaitu di saus. Jadi di ACAKADUT ini tersedia berbagai macam saus, yaitu saus sambal, bubuk cabe, honey sauce, dan garlic sauce. 

Varian Saus

Karena penulis lebih suka dominan manis, jadi sausnya lebih banyak honey sauce. Tipsnya biar makin enak yaitu campur semua saus, random banget, boleh dimana aja tuanginnya, mau di telur/di daging/di nasi. Setelah itu, aduk semua makanan sampai bumbu merata. Termasuk telurnya guys. Lalu tuang keripik diatasnya. Yaa cara makannya sesuai nama restorannya. 

Kenapa begitu karena baru tahu cara makannya diaduk dan nemu enaknya waktu makan kedua kalinya disini. Jadi penulis tipe yang rapi makannya dan termasuk tim bubur gak diaduk. Karena kan gimana gitu kalau makan sajiannya diacak-acak & biar teratur juga ambil makan per bagian. Cara makan gak diaduk ini waktu pas pertama kali makan di ACAKADUT Tebet Timur ini. Karena juga kan sayang juga gitu makanan yang udah ditata cantik, diacak-acak. Dan ternyata bukan begitu guys cara makannya kalau mau nemuin cita rasa enaknya.

Untuk Iced Tea, yaa rasanya seperti pada umumnya ya, es teh. Wkwkw.. Masterpiece nya Pepper Rice guys dan kalian harus coba ini. Boleh dicoba mulai dari rasa original untuk temuin taste aslinya, untuk selanjutnya bisa cobain rasa lainnya seperti rendang, mozarella, geprek dan balado.

Untuk rating dari 1-10, makanannya enak jadi poinnya 8,5. Nilai tersebut karena belum pernah cobain rasa lainnya termasuk juga daging salmon, chicken, & beef. Kalau udah coba semua, mungkin poinnya bisa sampai 10.



Oke deh. Sekian review ACAKADUT: Pepper Rice Murah & Enak ala Indonesia kali ini. Gimana setelah baca artikel ini? Jadi tambah referensi kuliner kamu? Makin laper? Kalau penulis sih makin laper & pengen otw beli ini. Wkwk..

Semoga setelah membaca artikel ini membantu Kamu yang mau kuliner kemana dan pilih menu apa ya. Oia, dan semoga kita semua bisa kulineran keluar lagi setelah masa pandemik COVID-19 berakhir. Aamiin.. Stay safe & Stay Healthy. Salam bahagia semua...

ACAKADUT Tebet Timur pada malam hari


Sumber referensi:

https://backpackerjakarta.com/mencicipi-sajian-pepper-rice-ala-indonesia-di-acakadut-sunter/

http://blog.duniamasak.com/acakadut-pepper-rice-dengan-kearifan-lokal/

https://www.instagram.com/acakadut.co/









1 komentar: