Entri yang Diunggulkan

Tips memasak dengan Santan - Makanan Indonesia terutama di daerah Sumatera banyak menggunakan bahan santan kelapa sebagai penyedap ras...

Minggu, 12 April 2020

Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 2

Cooking Competition - Sudah baca Part 1 di artikel sebelumnya? Gimana masih penasaran? Nah kita lanjut di Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 2 yaa. 

Jadi setelah gugur di sesi pertama, dipanggil lagi via whatsapp untuk ikut Cooking Competition Di ICook Culinary Center. Mungkin karena hasil masakan semua peserta bagus-bagus dan mendekati sempurna. Jadilah diundang lagi.

Dengan perjalanan dari Stasiun Tebet ke Stasiun Rajawali, sampailah di tempat ICook Culinary Center. Masih berlokasi di Jalan Sunter Paradise Timur Raya Blok F 21 No 36-37 Tanjung Priok RT/RW 12/12 Kota Jakarta Utara. Sekarang lebih lancar perjalanannya karena udah hapal tempat dan patokan jalannya.

Setelah sampai dilokasi dan masih nunggu semua peserta sekitar 15 menit. Ternyata dari beberapa peserta ada wajah baru. Tapi teteup di dominasi ibu-ibu. Karena sebelumnya udah pernah dapat brosur, voucher kursus dan pulpen, jadi untuk saat ini gak dikasih lagi. Wkwkw..

Waktu lomba

Peraturan Lomba Masaknya masih sama. Dengan waktu kurang lebih 1 jam dengan tema lomba yang sama, yaitu Easter Cooking Competition dengan memasak Half-boiled egg, Poached Egg dan Omelette. Seperti biasa, sebelum mulai ada briefing dulu dan pembagian bahan lomba, yaitu 5 butir telur. Dan gak lupa ketinggalan yaitu pengecekan kualitas telur apakah masih fresh atau engga. Caranya masih sama yaitu, dikocok apakah isinya padat atau ngga. Kalau hasilnya ngga padat, artinya telurnya kurang fresh.


Waktu Memasak

Untuk memasak menu Half-Boiled Egg, Poached Egg dan Omelette masih sama dengan postingan sebelumnya yaitu Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 1 tapi dengan durasi masak lebih cepat atau lebih sedikit menit ditiap menunya. Karena belajar dari pengalaman sebelumnya yang hasilnya overcooked semua. Wkwk.. Tapi yang berbeda lomba masak kali ini yaitu untuk masak Poached Egg pakai teknik Water Vortex.


Poached Egg ala aku:

Pakai teknik masak Simmering. Simmering adalah teknik memasak bahan makanan cair seperti saus yang didihkan terlebih dahulu.


1. Siapkan panci yang berisi air dengan takaran cukup untuk telur tenggelam. 
2. Masak dengan api kecil. 
3. Sambil menunggu mendidih atau Simmering, masukkan sekitar 1 sendok makan cuka dan sedikit garam.
4. Pecahkan telur dan taruh di mangkok kecil.
5. Lalu siapkan mangkok kecil yang berisi air matang suhu ruangan (biasa). Agar ketika Poached Egg matang, bisa berhenti proses masaknya ketika disimpan dalam mangkok tersebut.
6. Setelah mendidih atau Simmering. Aduk-aduk air dalam panci searah atau berlawanan arah jarum jam. Ingat, aduk dengan pelan atau beraturan & bukan cara bar-bar ya.
7. Lalu masukan telur dan tetap diaduk. Agar tekstur kuning telur tetap didalam putih telur.
8. Masak dengan durasi 4-5 menit.
9. Setelah selesai waktu, angkat dengan sendok sayur dan masukkan ke dalam mangkok air yang sudah disiapkan sebelumnya. Hal ini juga bertujuan agar cuka yang terdapat dalam permukaan Poached Egg bisa hilang dan telur tidak asam.
10. Sajikan.

Hasil Masakan yaitu Omelette, Poached Egg dan Half-Boiled Egg


Hasil Lomba

Setelah penjurian dengan cara membawa setiap masakan hasil olahan telur ke meja juri, hasil Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 2 adalah:

1. Half-boiled Egg: mendekati sempurna, terlihat tekstur putih telurnya masih lembut tapi bagian dalam kuning telurnya masih pekat yang artinya sedikit lebih matang.


2. Poached Egg: Kini pakai Teknik Water Vortex. Hasilnya overcooked. Mungkin seharusnya 2-3 menit dan penampilannya tidak cantik karena bagian kuningnya keluar. Jadi si kuning telurnya matang setengah. :((



3. Omelette: Untuk hasil mendekati sempurna. Karena dibagian dalam Omelette lebih lembut & setengah matang. Cirinya dibagian luar Omelette masih kuning cerah.


Photo dulu sama Juri~


Karena dua hasil masakan telur mendekat sempurna, jadi majulah ke babak selanjutnya. :")
Akhirnya gak sia-sia belajar dari pengalaman sebelumnya.

Ets, keseruannya gak cuman sampai sini. Masih ada hal seru di next episode. Jadi tunggu yaa di postingan Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 3. Dan penulis janji itu adalah part terakhir.

Jadi jangan sampai ketinggalan yaa. See you & salam bahagia.

Akhirnya ada peserta termuda, Hi Rizki 

@amanda.daisy21





Tidak ada komentar:

Posting Komentar