Entri yang Diunggulkan

Tips memasak dengan Santan - Makanan Indonesia terutama di daerah Sumatera banyak menggunakan bahan santan kelapa sebagai penyedap ras...

Sabtu, 18 April 2020

Nasi Goreng Padang: Murah & Kaya Rempah

Nasi Goreng Padang - Ada Padang Lovers disini? Siapa pecinta Rendang, Sate Padang atau Masakan Rumah Padang disini? Nah tepat banget kalau kamu klik artikel ini dan pengen tahu mau bahas makanan khas Padang apa sih. Sebelumnya tahu kan makanan khas Indonesia banget, yaitu Nasi Goreng yang sudah Go International setelah Rendang. Nah kali bukan bahas Nasi Goreng Biasa. Tapi Nasi Goreng Padang. Nah apakah ini hasil buatan orang Padang asli atau ada bumbu Padangnya? Nah, daripada penasaran, pantengin terus artikel ini ya.


Rahasia dan Khas Nasi Goreng Padang

Padang adalah Kota terbesar di Pantai Barat Pulau Sumatera dan menjadi Ibu Kota dari Provinsi Sumatera Barat. Ciri khas Nasi Goreng Padang ini dibuat dari sedikit minyak dan bumbu rahasianya itu adalah yang ternyata adalah bumbu Rendang. Dan juga pada sajiannya kalau beli di pedagang kaki lima nih, pasti ada telur ceplok, irisan kol dan kerupuk merah. Tapi ini balik lagi ke ciri khas masing-masing pedagang dan konsumen. Untuk asal mula dari tahun berapa dan oleh siapa, sudah googling tapi belum tahu tepatnya gimana. Mungkin yang tahu, boleh sharing komen dibawah ya.


Lokasi


Kali ini penulis makan Nasi Goreng Padang di daerah dekat Stasiun Tanah Abang berlokasi di Jalan Kota Bambu Utara 2 No. RT/RW 8/10, Kota Bambu Utara, Kec Palmerah, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Patokan kedai ini bukan dipinggir jalan raya, tapi masuk gang pemukiman padat penduduk. Kalau pendatang atau bukan warga sekitar, ini agak sulit ditemuin sih. Gang ini muat dimasuki satu mobil aja. Nanti penulis cantumin mapsnya ya. Klik Maps

Untuk jam bukanya yaitu di Senin-Minggu jam 18.00-12.00 (6 sore sampai jam 12 siang).

Tampilan depan kedai Nasi Goreng Padang


Harga


Untuk Nasi Goreng Padang harga per porsinya Rp 18.000 udah lengkap plus ada telornya. Harga tersebut per Desember 2018.

Jadi rincian per porsinya ada Nasi Goreng Padang, Potongan Daging Sapi, Sambal Ijo, Irisan kol, Potongan timun dan tomat, Telur ceplok, dan kerupuk emping. Umumnya pakai kerupuk merah khas di Lontong Sayur Padang, tapi kali ini beda kerupuknya.

Untuk menu lengkapnya belum cari info lebih lanjut karena sikonnya lagi buru-buru, maaf ya. Mungkin teman-teman yang tahun info tentang Nasi Goreng Padang ini, boleh dong sharing dikomen.



Review


Penulis pernah makan Nasi Goreng Padang ini awalnya dibawain temen & rekomendasiin kuliner ini. Seperti biasa guys porsi "Khas Padang" ini, buanyakkk. Bisa muat 2 perut alias 2 porsi. Tapi jangan salah, rasa dibawa dan makan ditempat itu sama nikmatnya kok. Untuk review rasa, rasanya pasti pedas, pertama kali makan belum ngeh nih rasa apa, pedes tapi enak gitu. Bukan pedas bikin kapok atau rasa pedas yang bikin minum berkali-kali. Bukan yang kaya gitu.

Tampilan Nasi Goreng Padang kalau dibungkus


Karena beda dari Nasi Goreng lainnya yang pernah dicoba kaya mawut, nasi goreng Aceh, dll. Akhirnya minta anterinlah beli dimana. Pas sampe bingung dan muter-muter di pemukiman warga. Karena ekspektasi tempat makan ini tuh di pinggir jalan dan sebesar kedai Aceh gitu. Tapi ternyata bukan, lokasinya "merakyat", sampai bilang "Oh, udah nyampe toh." Wkwkw..

Berlokasi di pemukiman warga


Oke pesen satu dan coba perhatiin cara abang-abang buat Nasi Goreng Padang dan dia pakai satu gelas bumbu berwarna gelap merah seperti bumbu Rendang. Pas proses masaknya pun agak nusuk hidung karena bau pedasnya menyengat. Dan gak ekspektasi itu rasa Rendang sampai nyobain sendiri. Dan bingungnya pakai irisan kol mentah dan ada empingnya.

Setelah sajian Nasi Goreng Padang sampai dihadapan. Sesuap belum kerasa & masih bingung. Suapan selanjutnya yakin itu bumbu Rendang. Gak cuman itu, potongan dagingnya banyak & gak pelit. Belum ada kombinasi potongan timun dan tomat segar, jadi gak berminyak banget. Biasanya kan after taste itu berminyak sampai ujung bibir dan langit-langit mulut, tapi ini ngga karena berimbang dari si timun dan tomat. 

Jadi intinya, rekomen banget buat Kamu yang pengen makan Nasi Goreng beda cita rasa yang kaya rempah, murah, pedasnya gak bikin kapok tapi nagih, dan gurih, plus banyak dagingnya. Kalo rating rasa 1-10, ini rasanya 9. 

Tampilan didalam Kedai Nasi Goreng Padang


Oke deh, sekian pengalaman dan review Nasi Goreng Padang. Setelah baca artikel ini, Kamu jadi pengen langsung kesana? Tambah ilmu baru? Atau makin lapar? Wkwkw..
Semoga membantu Kamu yang pengen rekomendasi tempat dan rasa kuliner baru. Kalau kalian ada informasi kuliner lain, boleh dong rekomendasiin dengan komen dibawah. Semoga suka tulisannya. Kalau suka boleh share tulisan ini ke temen-temen Kamu tapi jangan lupa cantumin Nama penulis dan link blognya yaa. Terimakasih & Salam Bahagia~~





2 komentar:

  1. Tolong ya jangan spamming karena annoying. Terimakasih :)

    BalasHapus
  2. Mba, terimakasih sudah review nasi goreng padang ajo buyung. Ini kedai punya ayah saya :)

    Saya ga sengaja malam ini klik klik di google ternyata ada yang mengulas! Sekarang harganya naik jadi 20 kak :)

    Semoga bisa berkunjung lagi ke kedai orang tua saya ya, sekarang ada menu nasi goreng padang cabai ijo yang bisa dicampur dengan telur bebek.

    Untuk alamat bisa cek di google maps Nasi Goreng Padang Ajo Buyung, kota bambu utara

    Alamatnya sudah benar ya kak sekarang ga kaya dulu hehe

    Sudah tersedia di gofood/grabfood juga
    Ig : nasgorpadang_ajobuyung

    BalasHapus