Entri yang Diunggulkan

Tips memasak dengan Santan - Makanan Indonesia terutama di daerah Sumatera banyak menggunakan bahan santan kelapa sebagai penyedap ras...

Senin, 13 April 2020

Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 3 (END)


Cooking Competition - Udah baca Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 1 & Part 2? Masih Penasaran? Ets, jangan kemana-mana yaa. Jadi setelah Cooking Competition Sesi kedua, terpilihlah masuk final. Seperti biasa guys, saingannya ibuk-ibuk. Wkwkw.. Penasaran kelanjutan ceritanya gimana? Lanjut baca kebawah yaa..


Tema & Ide

Setelah terpilih masuk final, baru dikabarin oleh panitia kalau tema lomba adalah tentang masakan olahan telur itu perkiraan H-2 atau H-1 gitu lupa. Pokoknya yang berbahan dasar telur. Nah bingung kan. Akhirnya coba cari referensi unik. Scroll menu masakan di instagram, google, youtube & berbekal pernah mencicipi apa aja. Jadilah pilih menu nasi goreng. Kok nasi goreng? Itu kan biasa. Betul, malah ini kesannya "Indonesia banget". Tapi gak salah, karena dalam nasi goreng ini ada campuran potongan nanas segar. Ini terinspirasi dari waktu kecil dulu pernah makan pizza yang toppingnya ada nanas. Dan juga dulu kalau gak salah, mama pernah masakin nasi goreng nanas & enak. Menurut pribadi ini pas. Karena makanan nasi goreng itu datar-datar aja dan juga kesan setelah makan nasi goreng itu "eneg". Eneg karena full berminyak yang suka lengket ke bibir & langit-langit mulu, tul gak? Dengan bantuan rasa asam manis dari nanas, jadi ada sensasi baru. Dan aku mau kenalin itu ke juri atau chef.

Gak lupa ada bahan wajib, yaitu telur. Nah rencanya mau dibuat dadar gulung lapis isi sayuran & sosis. Jadi ini ala Jepang gitu guys (?). Ini serius sih idenya dari instagram banget dan jujur belum pernah buat. Jadi bermodal imajinasi dari teknik tutorial video dan bener-bener gambling gatau bakal berhasil atau ngga.

Terus kepikirankan belum siapin untuk bahan apa aja, mau platting gimana. Akhirnya pulang kerja langsung kabur ke mall buat cari piring yang pas buat platting. Karena putih dan bundar itu biasa, dipilihlah piring berbentuk persegi berwarna pink & sosis bratwurst. Untuk bahannya langsung pergi ke pasar dekat kostan. Pas banget kan. Langsunglah beli potongan nanas ditukang rujak, sebungkus nasi biar instan waktunya dan juga karena dilokasi terbatas alat terlebih hanya kepakai satu porsi, garnish atau hiasan seperti selada, tomat, wortel, daun bawang, bawang merah dan bawang putih. Oia jangan lupa garam, bumbu penyedap, bubuk lada & margarin. Rumusnya tinggal beli aja ke pedagang dan bilang mau beli bahan buat bikin sambel. Karena kepakainya sedikit porsinya.

Briefing


Jadi peserta yang masuk ke final Cooking Competition Di ICook Culinary Center akan tanding lagi dari seminggu setelah pengumuman, dan lomba dilaksanakan pada 11 Mei 2019. Seperti jadwal semua, peserta diharapkan hadir jam 10.00 WIB tepat di ICook Culinary Center. Masih berlokasi di Jalan Sunter Paradise Timur Raya Blok F 21 No 36-37 Tanjung Priok RT/RW 12/12 Kota Jakarta Utara.

Setelah berkumpul semua, peserta di briefing kalau waktu memasak hanya 1 jam dengan bahan & alat yang dibawa dari rumah kecuali si bahan utama, yaitu telur. Jumlah telur yang disediakan ada 5 telur. Nah artinya harus di manajemen mau masak apa dulu, bahan apa dulu yang harus disiapin, tiap menu masakan perlu berapa telur. Nah lu pusing pusing dah tuh (!).

Waktu Memasak

Karena memasak tiga menu dan waktu hanya 60 menit, jadi dibagi prioritas. Mana yang lebih simple & cepat matang. Dipilihlah masak dadar gulung lapis sayuran dan sosis lebih dulu.

Dadar Gulung Lapis sayuran & sosis ala aku:

Bahan: Telur 3 butir, margarin, daun bawang, cabe rawit merah, sosis bratwurst, wortel, garam, bumbu penyedap, bubuk lada.


1. Pecahkan 3 telur dalam mangkok kecil.
2. Iris daun bawang.
3. Potong wortel menjadi kecil-kecil berbentuk dadu.
4. Potong sosis menjadi kecil berbentuk dadu.
5. Kalau selera pedas, boleh pakai cabai rawit merah. Kalau pakai cabe rawit hijau jadinya agak pahit & kurang pedas. :")
6. Masukan semua bahan kedalam mangkok yang sudah berisi 3 telur.
7. Masukkan juga garam, lada bubuk, dan bumbu penyedap. Sedikit aja dan utamakan garam. Biar lebih berasa dan jangan keasinan juga ya. Nanti dikira mau nikah lagi #curhat
8. Siapkan wajan. Panaskan dulu dengan api kecil. Cek apakah udah panas atau belum, caranya dengan cipratkan air. Setelah air abis baru tuang margarin secukupnya.
9. Setelah wajan panas. Masukkan sebagian adonan telur, sedikit aja. Tujuannya agar telur bisa dibuat berlapis.
10. Setelah mulai kering telurnya, boleh sampai sedikit kecoklatan, lipat kecil bagian depan ke dalam. Lalu gulung atau lipat sampai setengah ukuran wajan. Lalu ditambahkan adonan telur lagi, sampai wajannya full telur lagi. Lipat lagi.
11. Langkah ini diulangi terus menerus sampai adonan telurnya habis ya.
12. Sajikan.

Dadar gulung lapis sayuran & sosis ala Amanda


Nasi Goreng Nanas ala aku:

Bahan: Nasi, telur 1 butir, garam, bumbu penyedap, bubuk lada, margarin, daun bawang, sosis bratwurst, potongan nanas, bawang merah dan bawang putih.

1. Siapkan nasi, margarin, garam, bumbu penyedap, bubuk lada, telur 1 butir
2. Iris sosis bratwurst menjadi kecil-kecil. Sesuai selera sih, kalau mau terasa digigit artinya iris potongan bulat besar.
3. Iris daun bawang.
4. Iris bawang merah dan bawang putih.
5. Panaskan wajan dengan api kecil. Setelah panas, masukkan 2 sendok margarin.
6. Tumis bawang merah dan bawang putih sebentar sampai harum. (Btw ini cara mamaku masak nasi goreng).
7. Setelah harum, sisihkan di nasi.
8. Masukkan margarin kira-kira 3-4 sdm karena buat nasi goreng dan telur 1 butir. Buat orak arik.
9. Tumis sosis bratwurst bersama telur orak arik sebelumnya.
10. Masukkan nasi yang sudah ada tumisan bawang merah dan bawang putih.
11. Aduk sampai merata dan jangan lupa kasih garam, bumbu penyedap dan lada.
12. Jangan lama-lama guys, karena kalau kering nasinya suka lebih keras teksturnya dan lebih berminyak. Kalau dirasa sudah berasa asin dan gurih, langsung masukkan potongan nanas. Aduk sampai layu.
13. Setelah nasi goreng dan nanasnya sudah layu. Masukkan irisan daun bawang, aduk sebentar sampai layu atau setengah matang. Biar masih fresh. 
14. Matikan api dan sajikan. Tuang nasi dalam cetakan nasi bundar, lalu sajikan di piring.

Nasi Goreng Nanas ala Amanda


Topping telur kuning dan putih ala aku:

1. Pecahkan 1 butir telur. 
2. Bagi 2, bagian kuning aja & putih. Caranya biar mudah, pecahkan di mangkok lalu taruh ditelapak tangan sampai kuningnya terpisah. Jangan lupa dibawah tangan ada mangkok lagi untuk menampung bagian putih telur.
3. Setiap bagian kuning dan putih telur diberi garam, bumbu penyedap dan lada bubuk.
4. Panaskan wajan
5. Kasih margarin kira-kira 2 sdm. 
6. Goreng bagian kuning telur. Setelah selesai, goreng bagian putih telur.
7. Setelah selesai semua dadar kuning dan putih telur, tiriskan.
8. Setelah agak dingin, iris panjang.
9. Hias menganyam diatas nasi goreng nanas yang sudah dicetak bulat.
10. Iris tomat dan potong selada 2 lembar. Hias deh.

Nasi Goreng Nanas & Dadar Gulung lapis sayuran sosis


Hasil Lomba


Total waktu memasak Cooking Competition Di ICook Culinary Center ini tepat 60 menit. Karena cukup simpel dan gak ribet untuk platting terutama bumbunya. Karena ada beberapa peserta yang belum selesai, dipakailah waktu yang ada untuk beres-beres stasion masak. Biar lebih bersih, rapih dan enak diliat. Hal kebersihan juga menjadi penilaian lho. Karena kalau stasion bersih, otomatis higienis masakan terlihat.

Setelah semua selesai. Peserta satu persatu mulai maju menghidangkan makanannya. Dicicipi lalu langsung dikomentar juri, dan dinilai hari itu juga. Peserta atau temen-temen lain ada yang masak, telur balado, kreasi omelette, daging isi telur rebus, dan kebab isi telur.

Deg-degan guys~~

Penilaian sudah. Akhirnya diumumkan pemenangnya. Pembacaan dimulai dari juara 3. Dan hasilnyaaa......

Namaku disebut. Yaa ampun ga nyangka. Wkwkw.. Udah hopeless dan do the best aja deh buat seru-seruan. Saingannya juga ibuk-ibuk, yang lebih berpengalaman masaknya. Eh menang juara 3 Alhamdulillah si Nasi Goreng Nanasku. Hihi.. Hasilnya poinnya beda tipis, beda 2 poin atau 5 poin gitu lupa.

Pemenang kedua adalah masakan daging isi telur rebus. Dan pemenang pertama adalah kebab isi telur. Wah selamat semuanya~~
Hikmah ikut Cooking Competition Di ICook Culinary Center ini dapat teman baru, pengalaman baru, kreatifitas, menguji mental, skill dan keberanian, nyobain station masak profesional, ilmu baru dari chef langsung, kepercayaan diri dan hadiah tentunya.

Berikut adalah hadiah untuk para pemenang.
1. Handphone Samsung + voucher senilai IDR 2.000.000 (khusus kelas 6 bulan)
2. Slow juicer + voucher senilai IDR 1.000.000 (kelas private/6 bulan)
3. Pepper shaker + voucher IDR 500.000 (semua kelas) 


Top 3

Gimana ceritanya Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 3? Seru kan?!! Setelah baca artikel ini ayo absen dulu, apakah jadi pengen ikutan lomba masak juga? Pengen contek resepnya? Atau malah makin lapar? Wkwkw.. Apapun itu semoga terhibur dan dapat ilmu ya dari tulisan ini. Kalau kamu suka atau ada masukan, boleh dong komen dibawah dan share ke temen-temen kamu. Ets, jangan lupa cantumin sumber nama penulis ya sebagai bentuk menghargai karya. Oke deh karena Cooking Competition Di ICook Culinary Center - Part 3 adalah part terakhir. See you di next artikel yang lebih seru. See you & salam bahagia~~



Dokumentasi:


Bangga & Percaya Diri

Omelette Kreasi & Kebab isi telur

Happy terus~~

Daging isi telur rebus


Telur lada hitam (mungkin)


With Chef Yanto, btw kenal Chef Juna lho


Nah ini review pepper shaker (hadiah juara 3) kisaran harga di e-commerce 100-200ribu @amanda.daisy21


Papper Shaker ini harus ditekan "kupingnya" biar keluar si lada hitamnya.



2 komentar:

  1. "Agen poker terbesar dan terpercaya ARENADOMINO.
    minimal depo dan wd cuma 20 ribu
    dengan 1 userid sudah bisa bermain 9 games
    ayo mampir kemari ke Website Kami ya www.arenadomino.com

    Wa :+855964967353
    Line : arena_01
    WeChat : arenadomino
    Yahoo! : arenadomino"

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tolong ya jangan spamming karena annoying. Terimakasih :)

      Hapus