Entri yang Diunggulkan

Tips memasak dengan Santan - Makanan Indonesia terutama di daerah Sumatera banyak menggunakan bahan santan kelapa sebagai penyedap ras...

Minggu, 07 Juni 2020

Sate Taichan: Sate Taichan GBK pindah kemana? Ini Lokasinya..

Sate Taichan Senayan - Halo, ada pencinta Sate Taichan disini? Beruntung yang tinggal di Jakarta nih. Karena disini ada spot khusus kuliner Sate Taichan. Buat anak gaul Jakarta sudah gak asing pastinya. Dimana itu? Yap Sate Taichan diseberang Pintu 1 Gelora Bung Karno (GBK).

Btw, penulis sudah cek langsung di lokasi pada tahun 2018 dan baru sempat post tahun 2020. Maaf yaa karena sibuk kerja & mobile. Huhu.. Penasaran cerita selanjutnya? Langsung baca sampai habis ya.


Awal Mula

Waktu itu belum "jamannya" heboh mau diselenggarakan Asian Games di Indonesia pada tahun 2018. Jadi waktu itu masih bisa kulineran di pedestriannya alias trotoar pada waktu malam hari. Rame banget banget pokoknya. Penuh sama parkiran motor dan berjejer lapak Sate Taichan.

Harus naik nanjak dari parkir motor ke lokasi :(

Lalu penyelenggaraan Asian Games dimulai dari tanggal 18 Agustus 2018 - 2 September 2018. Mau kulineran Sate Taichan bingung dong karena lokasi seberang Pintu 1 GBK udah steril alias tidak ada lapak pedagang. Tanyalah ke tukang parkir, bingung walaupun udah diarahin. Sampai nyasar segala. Wkwk... Tanya lagi ke orang-orang, "Sate Taichan kemana ya Bang?" tanya saya ke abang warung. "Oh, belakang Sency." Nah dari situ mulai ada gambaran karena terkenal banget Sency alias Senayan City. Tanya lagi dan alhasil diarahin ke Mall Senayan City. Ternyata lokasinya beralih di parkiran Motor dong, di Parkiran Motor A. Tapi parkir motor lumayan harus jalan kaki ke lokasi parkiran motor tempat lapak Sate Taichan. Btw motor di parkirin di basemant gitu.

Parkir motor disini jadi harus jalan kaki untuk ke lokasi


Lokasi


Karena penulis waktu datang ke lokasi Sate Taichan di Senayan City pada tanggal 22 Agustus 2018, ternyata sudah direlokasi para pedagangnya. Artinya sudah 4 hari berlangsungnya event Asian Games 2018. Menurut informasi dari berita, Sate Taichan ini sudah ditutup alias direlokasi ke Senayan City ini dari tanggal 1 Agustus-15 September 2018 menurut Pemprov DKI atas arahan dari Pak Gub & Wagub. Kalau secara logika, berarti pedagang yang sudah direlokasi di Senayan City ini dari tanggal 1 Agustus. Asumsinya seperti itu. Mohon maaf kalau salah, mungkin yang lebih tahu boleh dikomen ya. Tapi karena penulis datang untuk kulineran alias makan doang, jadi gak kupas lebih lanjut dan kroscek langsung ke pedagangnya. Maaf ya. 

Karena baru selang 4 hari, lokasi Sate Taichan yang baru di Senayan City masih sepi pengunjung nih. Mungkin karena minimnya informasi update Tapi sudah mulai ramai lapak pedagang sampai pengamen pun ada. Menurut berita, padahal yang sudah direlokasi ini berjumlah 90-100 pedagang dari total pedagang sebelumnya di GBK yang berjumlah 130 orang.

Lokasi Sate Taichan di Parkiran Motor A Sency


Jam Buka


Sebelum direlokasi alias Sate Taichan masih beroperasi di seberang Pintu 1 GBK, buka dari jam:
21.00 - 04.00 WIB.

Sesudah direlokasi alias Sate Taichan beroperasi di Senayan City bagian parkiran Motor A, buka dari jam:

19.30 - 02.00 WIB.


Harga

Selama penulis berkunjung untuk menikmati pedas dan gurihnya Sate Taichan ini, gak ada perubahan mulai dari tempat sewaktu di GBK maupun di Senayan City.

Jadi kesimpulannya:
1 porsi Sate Taichan sebanyak 10 tusuk: Rp 25.000
1 porsi lontong: Rp 5.000
1 porsi Sate Taichan plus lontong: Rp 30.000


Hal ini wajar karena para pedagang harus membayar sewa senilai Rp 1.500.000 perbulan. Tapi hal itu juga ditutupi oleh keuntungan yang bisa diraup pedagang dengan berhasil menjual sebanyak 4.000 tusuk pada hari kerja bahkan bisa lebih. Itu sehari loh 4.000 tusuk itu. Emejing.. 

Wow, kalo dikalkulasi misalkan per pedagang dapat menjual
Rp 25.000 : 10 = Rp 2.500/tusuk
Sehari menjual 4.000 tusuk x Rp 2.500 = Rp 10.000.000/hari

Mantap bener. Nah simpulkan sendiri ya. Wkwkw
Btw itu mungkin penghasilan kotor ya. Jangan suudzon dulu. Dosa. 

Karena pasti akan dikurangi:
- Biaya operasional
- Modal
- Karyawan
- Bahan pokok & bahan baku seperti cabai yang suka naik harga, hmm..
Dll


Review


Awalnya masih asing tentang Sate Taichan ini karena yang biasa makan plus lebih tahu itu tentang Sate Madura. Ternyata yang buat beda ini cara penyajian sate, sambal, dan penyajian akhir.
Penyajian Sate Taichan ini ternyata dari potongan dada ayam bersih tanpa kulit yang dibakar. Untuk sausnya juga sederhana hanya sambal yang terdiri cabai rawit, bawang merah dan bawang putih. 

Uniknya Sate Taichan ini disajikan bersama jeruk nipis dan bumbu micin/asin yang mantap gurih. Jadi sebelum disantap, Sate Taichan yang sudah matang diberi perasan jeruk nipis, lalu dimakan bersama saus sambal dan dicocol ke dalam "micin". Itu enak banget sumpah, rasa pedas & asin bercampur satu. Udah ngiler belum? Tapi harus cepat dimakan pas matang, karena kalau dingin nanti daging ayamnya keras susah digigit.

Poin 9.5/10. Karena penulis ini anak micin banget. Wkwkk.. Jadi kerasa enak banget abis kepedesan makan sambal terus dicocol ke micin yang asin. Jadi bisa menetralisir rasa. Karena anaknya gak kuat pedes. Sedii :((

Pengen kuliner lagi :( #lelahcorona


Akankah Permanen

Setelah riset dari beberapa berita, penulis menyimpulkan Kalau relokasi pedagang Sate Taichan di parkiran Senayan City ini diperpanjang sampai 31 Oktober 2018 yang pada awalnya selesai hanya sampai akhir September 2018 yang bertepatan selesainya event Asian Games 2018. 

Karena akan dilaksanakan lanjutan dari Asian Games 2018 yaitu Asian Paragames 2018. Asian Paragames adalah pesta olahraga multi-event untuk para atlet disabilitas se-Asia akan berlangsung mulai tanggal 6 - 13 Oktober 2018. Maka diperpanjang lagi masa "jualan" di Senayan City ini sampai 31 Oktober 2018.

Dari pihak Pemprov DKI, untuk pedagang Sate Taichan tidak dapat balik lagi berjualan di trotoar karena lebih tertib. Hal itu juga disambut para pedagang karena lebih nyaman berjualan, ada pembeli baru dari Senayan City dan juga bebas pungutan liar.

Kalau dari Pihak Kepala Dinas Koperasi, UMKM dan Perdagangan DKI Jakarta, masih menunggu arahan dari Senayan City, karena belum tahu kontrak/permanen. (https://news.detik.com/berita/d-4156289/lokasi-sate-taichan-bakal-permanen-di-sency-ini-kata-pemprov)

Tapi yang jelas setelah tanggal 31 Oktober 2018, masih ada orang yang kulineran Sate Taichan di parkiran Senayan City pada tahun 2019. (https://pergikuliner.com/restaurants/jakarta/sate-taichan-87-bang-ocit-senayan-2). Untuk tahun 2020 karena masih masa pandemi Corona atau COVID-19, belum ada informasi lebih lanjut tentang update Sate Taichan ini dan penulis belum bisa cek langsung. Huhu..

Sudah pindah lokasi



TIPS

1. Datang di jam 11 malam keatas. Karena pasti antriannya rame banget.
2. Banyaknya pengamen, pengemis, tukang tisu dan tukang air, jadi siapkan beberapa uang receh ya.
3. Perhatikan situasi. Kalau rame, sebaiknya makannya lebih efisien dan hemat waktu. Karena nanti akan diliatin orang-orang yang ngincar tempat duduk. Wkwk


***

Okedeh. Semoga dengan artikel Sate Taichan: Sate Taichan GBK pindah kemana ini bisa sedikit mengobati rasa kangen Kamu kulineran diluar. Huhu.. Semoga juga artikel tentang Sate Taichan ini bisa memberikan manfaat, menambah pengetahuan dan informasi terupdate buat Kamu. Kalau ada salah kata & informasi, mohon maaf ya. Informasi berdasarkan berita yang ada, nanti dicantumin di referensi ya. 

Kalau ada ide atau saran mau bahas apalagi tentang kuliner ataupun travelling, yuk komen dibawah ya. Kalau informasi ini bermanfaat buat teman-teman Kamu, jangan lupa di share.


Bahasannya berat bener nih, sampai sakit kepala. Huhu.. Boleh dong dibantu share ke teman-teman Kamu untuk dibaca juga informasi terupdate ini. Wkwk..
Oke deh sampai ketemu di next artikel. Salam Bahagia~~






Referensi

https://www.genpi.co/berita/2155/semakin-nyaman-taichan-senayan-sekarang-pindah-lokasi
https://jakarta.tribunnews.com/2018/08/01/mulai-malam-ini-pedagang-sate-taichan-pindah-ke-depan-senayan-city
https://www.medcom.id/nasional/metro/MkMBB5pK-pengelola-gbk-berencana-pertahankan-pedagang-sate-taichan
https://merahputih.com/post/read/tanpa-ampun-pemprov-dki-bersihkan-sugbk-dari-pedagang-sate-taichan

2 komentar: